Indahnya Menikmati Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura merupakan obyek wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura ini bisa dibilang mempunyai ketinggian yang lumayan tinggi karena memiliki ketinggian sekitar 200 m dan berbentuk cekung yang dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi yang membentuk tirai dan bisa meneteskan air pada seluruh bagian tebingnya seperti sedang turun hujan. Air Terjun Madakaripura ini memiliki sekitar 5 air terjunan dengan air terjun utama berada di ujung suatu lingkaran yangmemiliki diameter sekitar 25 m.



Terdapat sebuah goa di Air Terjun Madakaripura ini yang mana untuk mencapainya kita sangat kesulitan karena kita harus melalui dibawah air terjun tersebut yang dibawahnya ada kolam seluas 25 m2 dan memiliki kedalam sekitar 7 m dengan arus yang sangat deras.


Air Terjun Madakaripura ini memiliki cerita tersendiri, yang mana warga kampung setempat mengambil nama Madakaripura di ambil dari cerita zaman dahulu yakni Patih Gajah Mada menghabiskan sepanjang hayatnya dengan bertapa di air tejun ini, nama Madakaripura itu sendiri memiliki arti “tempat terakhir”. Cerita ini diperkuat dengan adanya patung Gajah Mada di area parkir tersebut.

LOKASI


Lokasi Air terjun Madakaripura tersendiri terletak di Desa Sepeh, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur

AKSEBILITAS


Lokasi Air Terjun Madakaripura ini berjarak 5 km dari jl. raya menuju Wisata Bromo atau sekitar 50 menit dari Gunung Bromo kea rah Kota Probolinggo atau sekitar 30 km dari pusat Kota Probolinggo. Jalan akses menuju Air terjun Madakaripura ini cukup berkelok-kelok dan lumayan sempit.
Jika anda datang dari arah Probolinggo, setiba di Desa Sukapurna anda akan menemui pertigaan yang ditandai dengan palang besar. Jika anda kea rah kanan anda menuju ke lokasi Air terjun Madakaripura, namun jika anda menuju ke arah kiri anda akan menuju ke Gunung Bromo. Kemudian nanti anda akan menemui pertigaan lagi kemudian anda ambil kea rah kanan.


Setelah anda sampai di Gerbang pintu masuk dan masuk ke area parkir anda harus melanjutkan perjalan kembali dengan berjalan kaki kurang lebi 1 km. Jika anda kesini saya sarankan anda menggunakan jasa pemandu, karena medan jalan menuju ke arah Air Terjun Madakaripura lumayan berat dan juga terkadang rawan longsor. Para pemandu itu berasal dari penduduk lokal disitu, biasanya mereka menawarkan diri di area parkiran dan biasanya Ongkos pemandu dikenai tarif Rp. 50.000 sekali jalan.

Di dekat lokasi air terjun anda akan menemui banyak warung penjual aneka makanan dan penyewaan payung bagi anda yang tidak ingin basah-basahan akibat terkena Air Terjun Madakaripura tersebut.

TIKET DAN PARKIR


Tiket untuk masuk ke Air Terjun Madakaripura dikenai tarif Rp. 3.000 per orang

FASILITAS DAN AKOMODASI


Di Air Terjun Madakaripura ini banyak warung makanan yang menjajakan aneka makanan dan minuman di sekitar area tersebut. Di sini juga tersedia kamar mandi yang cukup bersih serta masjid dan tempat parkir. Jadi anda tidak usah khawatir akan kehilangan kendaraan anda karena sudah ada yang menjaganya hehehe.. selamat berkunjung.

SELAMAT MENJELAJAH INDAHNYA ALAM INDONESIA




EmoticonEmoticon