Cara Merawat Ikan Discus Dengan Benar

Ikan discus adalah beberapa ikan tropis terindah, namun tetap bertahan. Lingkungan mereka sangat penting bagi ikan reaktif ini. Ada beberapa tips kunci yang bisa Anda ikuti agar Discus tetap bahagia dan sehat.



1. Ujung pertama dalam merawat ikan Discus adalah menjaga aquarium agar tetap bersih. Ikan ini sangat peka terhadap penyakit dan kondisi air. Karena Discus tidak mentolerir perubahan kualitas air dengan baik dan aquarium yang lebih kecil cenderung berfluktuasi tingkat pHnya, tangki galon 40 mungkin merupakan tangki berukuran terkecil untuk mereka.

2. Tips nomor dua adalah ingat untuk mengarantina ikan baru sebelum memasukkannya ke dalam aquarium anda. Ikan baru bisa mengenalkan bakteri, parasit, atau penyakit ke dalam aquarium. Jaga agar ikan baru di aquarium terpisah selama dua sampai tiga minggu. Jika pada akhir periode waktu tersebut mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang buruk, aman untuk menempatkannya bersama ikan yang ada.





3. Tips nomor tiga adalah mengatur suhu air. Discus adalah ikan tropis. Menggunakan pemanas di aquarium Anda akan menjaga air dalam kisaran suhu yang sempurna untuk ikan Anda.

4. Memahami jenis lingkungan ikan yang seperti Discus adalah tip nomor empat. Tubuh ikan Discus didesain sempurna untuk berenang melalui dedaunan. Di alam liar, Discus sering ditemukan bersembunyi di bawah balok kayu, batu, tanaman, atau tempat-tempat terlindung lainnya. Berikan banyak tempat di aquarium anda agar ikan Discus anda bisa bersembunyi.

5. Tips lain untuk merawat Discus adalah memberi mereka makanan yang tepat. Discus suka makan makanan hidup seperti cacing, cacing darah, daphnia, atau udang air asin. Sayangnya, terkadang makanan ini bisa membawa bakteri dan parasit jadi hati-hati.



6. Tips nomor enam berjalan lurus dengan ujung terakhir; proses pemberian makan itu sendiri. Discus adalah ikan yang sangat reaktif. Mereka akan bereaksi terhadap kehadiran Anda di ruangan itu, benda-benda di TV, atau bahkan mungkin menyentuh kaca pada pendekatan Anda sebelum memberi makan waktu. Perhatikan kebiasaan makan mereka secara teratur. Jika mereka tidak makan, ada yang tidak beres. Jangan terlalu banyak memberi mereka makan. Hal ini bisa mengotori aquarium dan makan berlebih bisa menyebabkan ikan stres.

7. Tips lain yang lebih jelas untuk merawat Discus adalah memasok aquarium anda dengan filter yang bagus. Hanya karena sudah jelas tidak berarti itu harus dilupakan. Filter overhead mudah dibersihkan dan bagus untuk tangki komunitas. Gunakan filter yang menghilangkan logam berat dan klorin dari air namun tidak akan mengubah tingkat pH.

8. Tips nomor delapan adalah menempatkan aquarium anda di lokasi yang bagus. Seharusnya di tempat yang sepi tanpa banyak aktivitas. Bahkan bayangan atau getaran yang disebabkan oleh orang-orang yang berjalan melewati aquarium atau membuka atau menutup pintu di dekatnya bisa membuat ikan gelisah.

9. Overhead lighting adalah tips nomor sembilan. Dengan memosisikan lampu di atas kepala akan mengurangi bayangan yang mungkin menakut-nakuti ikan. Ikannya terasa lebih aman karena Anda bisa melihatnya tapi mereka tidak dapat melihat Anda.

10. Saat merawat ikan Discus, ingatlah untuk menyertakan perubahan air mingguan. Mereka membutuhkan setidaknya dua puluh sampai tiga puluh persen air di dalam tangki berubah, tapi Anda sebaiknya tidak mengubah sejumlah besar air dari tangki sekaligus karena akan menekan ikan ini. Seperti disebutkan sebelumnya, kualitas air sangat penting bagi ikan Discus. Mengubah terlalu banyak air pada satu waktu akan berfluktuasi kualitasnya terlalu banyak.

Ikan diskus adalah spesies yang membutuhkan banyak perawatan namun dengan mengikuti tip sederhana ini, Anda dapat memastikan bahwa ikan Anda akan berkembang selama bertahun-tahun yang akan datang!

Selamat melanjutkan hobi anda, semoga artikel ini bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon